Menghitung Cepat Rab Rumah menggunakan Software RAB

Standar

softwarerabCara cepat dan mudah menghitung rab rumah yaitu dengan menggunakan alat bantu, yaitu software rab. Membuat rab rumah dengan menggunakan software rab siapapun bisa,  tidak harus seorang lulusan SMK/D3/S1 Sipil & Arsitektur, yang penting dapat mengoperasikan ms-excel dan dapat menghitung luas dan volume. Misalnya, ukuran denah rumah = 10 x 6 meter, maka luas lantai bagian dalam = 60 m2, dan luas plapond bagiandalam = 60 m2, sedangkan untuk luas bagian luarnya  tinggal melihat ukuran gambar.

Gambar yang diperlukan tidak perlu bangus, Anda juga pasti bisa membuat denah dan ukurannya. Yang penting, gambar tersebut lengkap ukurannya. Misalnya panjang dan lebar rumah, tinggi dinding, ukuran kusen dan jendela, kedalaman galian pondasi dll.

Cara menggunakan software rab, Anda hanya perlu merubah harga satuan bahan dan upah kerja dengan harga setempat. Kemudian Anda menghitung luas dan volume pekerjaan seperti yang saya sebutkan di atas dan menginputnya ke software rab. Hanya dengan begitu Anda sudah selesai membuat rab rumah Anda. Keluaran yang dihasilkan software rab adalah tabel rab rumah dan rincian material yang diperlukan untuk bangunan rumah Anda.

Rab rumah perlu dibuat oleh siapa saja yang akan merencanakan membangun atau merenovasi sebuah rumah. Rab rumah sangat diperlukan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk mempersiapkan jumlah biaya yang diperlukan, untuk pembanding penawaran harga borongan apabila rumah Anda akan dikerjakan dengan sistem borongan. Jika akan mengerjakan dengan sistem kerja harian, maka Rab rumah sangat berguna untuk mengevaluasi dan memantau penggunaan bahan bangunan dan kinerja para pekerja bangunan.

Dengan memiliki Rab rumah berarti memiliki perencanaan yang tidak dikira-kira, atau gamling, atau bagai mana nanti seperti yang biasa dilakukan banyak orang. Penghitungan dengan berdasarkan info dari mulut ke mulut itu tidak benar dan lebih banyak melesetnya,  terutama meleset banyak kurangnya.. padahal kita sudah berusaha menyediakan dana x rupiah sudah maksimal. Biasanya sering terjadi seseorang mendapatkan informasi dari tukang-tukang bangunan, yang menurut mereka uang x rupiah cukup untuk membangun seperti yang diinginkan oleh si A. Tapi, apa yang terjadi ! x rupiah meleset jauh, sehingga si A harus pontang-panting mencari kekurangannya. Seperti itulah pentingnya membuat rab rumah yang benar berdasarkan ilmu, bukan kira-kira. Dengan menggunakan software rab hal tersebut tidak akan terjadi. Kunjungi http://www.softwarerab.com untuk mendapatkan informasi tentang cara penggunaan dan cara mendapatkannya.

Satu pemikiran pada “Menghitung Cepat Rab Rumah menggunakan Software RAB

Tinggalkan komentar