Kiat Sukses NgeBlog

Standar

kiat sukses mengelola blogSaya adalah blogger pemula yang sedang mencari-cari bentuk dan tips bagaimana cara menjadi blogger yang sukses. Blogger sukses yang saya maksudkan bukan dilihat dari penghasilan, tapi lebih dari dari bagaimana agar kita sebagai blogger bisa menulis yang baik dan berkualitas,  sehingga banyak orang yang menyukai tulisan kita. Ketika semua orang menilai bahwa artikel yang kita tulis di blog itu berkualitas dan berbobot, maka dengan sendirinya mereka akan berlangganan mengunjungi blog kita. Setelah kita menjadi penulis blog yang baik, maka secara bertahap, kita juga bisa mencoba megirim tulisan ke media cetak atau media online, bahkan menjadi penulis buku.

Menurut A. Fatih Syuhud seorang blogger wodpress, beliau  banyak mengupas dan memberikan pencerahan mengenai  tips dan trik sukses seorang blogger. Pada dasarnya ketika kita memulai menjadi blogger, maka sejak itulah kita harus memposisikan diri untuk mau belajar secara sungguh-sungguh untuk menjadi penulis blog. Sebagai pemula dan baru belajar ngeblog, maka terkadang inspirasi kita tiba-tiba mentok, … bingung apa yang akan kita tulis, dan lebih parah lagi  setelah kita berhasil menulis beberapa judul, tiba-tiba kita putus asa lantaran tidak ada  pengunjung yang memberikan komentar pada posting kita… akhirnya blog  ditinggalkan begitu saja…” kesian tuh blog”.  Padahal seharusnya kita  tidak perlu seperti itu, “cu-ek aja!”. Apalagi putus asa. Yang harus kita lakukan adalah terus dan terus menulis artikel yang bagus dan berbobot. Dengan mendapat pencerahan dari A. Fatih Syuhud,  saya juga akan cu-ek …. simpan dalam fikiran : “emang gue fikirin… aku akan terus nulis…biar kagak ada yang kasih komentar !” . Karena kata beliau, “komentar itu bukan segalanya”.

Beberapa cuplikan tulisan A. Fatih Syuhud yang memberi pencerahan dan memotivasi kita sebagai blogger pemula sebagai berikut :

Jangan Terobsesi Komentar: Blog Pakar dan Non-Pakar Komentar di posting blog kita mungkin penting. Setidaknya itu tanda tulisan kita dibaca dan diperhatikan, walau sekarang sudah ada mybloglog sebagai tanda tulisan kita ada yang baca. Tapi semua orang tahu, komentar itu bukan segalanya. Tulisan bagus yang mencerahkan itulah segalanya. Dan karena itu, fokus utama hendaknya bukan bagaimana menciptakan posting yang kontroversial walau terkesan murahan hanya demi dapat komentar banyak, tapi bagaimana konsentrasi kita dalam membuat tulisan yang baik dan berkualitas. Apa tulisan yang baik dan berkualitas? “
Agar  kita menjadi penulis yang produktif  menurut A. Fatih Syuhud : “Jadi, tahap pertama menuju produktif adalah merubah paradigma “sibuk” dan mengakui kesalahan. Tidak mau mengakui kelemahan dan kesalahan sendiri adalah kesalahan terbesar. Kedua, mulai mengoreksi kesalahan yang menjadi penyebab ketidakproduktifan kita.
Ketiga, apabila poin satu dan dua sudah teratasi, mulai fokus menulis. Ok, bagi yang baru di dunia tulis menulis, Anda dapat memulainya dengan rajin menulis setiap hari di blog masing-masing–bahasa Indonesia atau Inggris sama saja; bagi yang sudah sampai tahap ini, mulailah rajin mengirim tulisan ke media cetak atau online; dan yang sudah merasa “lulus” tahap ini, mulailah memikirkan untuk menulis buku

Demikian, saya sebagai blogger pemula selalu mencari tips dan trik bagaimana cara menjadi blogger yang sukses seperti A. Fatih Syuhud.

15 pemikiran pada “Kiat Sukses NgeBlog

  1. wah… ini artikel jadi buat saya SEMANGAT buat ng’Blog lagi…
    hampir aja saya putus Asa karena terlihat sepi oleh pengunjung… huft…
    Saya ikut Setuju.
    Go Go Go…

  2. Hai…
    Om good idea bisa buat motivasi newbie blogger seperti saya untuk terus berkarya dan maju ditunggu terus tips n tricknya Om,
    Tks,
    Ari

  3. Ping balik: Hadiah buat Yep dan KangBoed « Inspirasi dan Informasi

  4. pak Endang saya sangat awam dengan blog..dan lagi belajar ,dan saya gak ngerti istilahnya seperti form yang saya kosongin. Bapak bisa liat blog saya, pasti masih banyak kekurangan…tapi saya hoby nulis yah saya nulis aja. ini blog saya : http://namaku-ullie.blogspot.com/. makasi yah pak

  5. Terima kasih paaaaak.. atas tipsnya berguna sekali.. buat orang baru kaya sayaaa..
    Salam Sayang
    Salam Taklim

  6. Setuju Mas…Aku juga posting-posting terus apa yang kusuka, ada komentar atau tidak, Cuek saja kan ? 🙂
    Salam kenal, link blognya sudah saya taut juga ya, terima kasih sudah ngelink keblog aku juga ya 🙂

    Wassalam
    Yep

Tinggalkan komentar